SEJARAH DESA

             Desa Tundagan sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda,dan merupakan daerah gerilyawan tentara RI pada jaman itu.Bahkan tentara Belanda sempat menetap sementara waktu didesa Tundagan mengejar tentara gerilyawan RI.

Dan pada tahun 1920 tercatat seorang   Lurah bernama Tirta Yuda dalam kurun waktu 15 tahun. Pada masa keperintahanya terjadi kekompakan dalam bentuk gotong royong,walaupun pada saat itu Desa Tundagan dalam keadaan terjajah oleh belanda.walaupun gotong royong pada masa itu terbilang berhasil akan tetapi masyarakat Desa Tundagan banyak yang mengalami kelaparan karena kekurangan pangan.

Dan pada Tahun 1935 terjadi pengalihan pemimpin yang di pimpin oleh  Lurah Tarojan sampai Tahun 1944. Pada masa kepemimpinanya Desa Tundagan pernah di masuki oleh belanda dan banyak warga yang mempunyai identitas ganda dan pada saat itu juga banyak warga yang mengungsi ke hutan. Karena , warga takut dengan tentara belanda.

Kemudian pada tahun 1945 – 1960 Desa Tundagan dipimpin oleh lurah yang bernama Arjadirana. Pada  saat Desa Tundagan di pimpinya, terjadi peningkatan masyarakat,seperti peningkatan dalam bidang kebudayaan dan mendirikan lumbung Desa yang bertujuan untuk menganntisipasi kekurangan pangan,dikarenakan pada saat itu terjadi kekurangan pangan selama tiga tahun. selain juga terjadi  penurunan kesehatan,karena warga banyak terjangkit penyakit gatal – gatal di sebabkan oleh kondisi desa yang kumuh. Kemudian pada sekitar tahun 1960 – an terjadi peralihan pemimpin desa, pada tahun tersebut di pimpin oleh lurah Mujawikarta selama 27 tahun (1960 – 1987 ). Pada masa pemerintahannya, beliau mengadakan pembangunan pelebaran jalan menuju ke dusun Tundagan, pembangunan balai desa dan merenovasi lumbung desa. Pada tahun 1987 masa kepemimpinanya berakhir dan di gantikan kades Jamhari (1987 -1997 ). Pada masa kepemimpinanya mulai terjadi peningkatan pembangunan pelabaran jalan yang menghubungkan dusun Tundagan –  Desa Bongas dan Desa bongas ke Dusun Sirongge. Dan juga terjadi pergerakan pembangunan listrik tenaga air.

Pada tahun ( 1997 – 2006 ) Desa Tundagan di pimpin oleh Kepala Desa yang bernama Bunyamin. Pada saat kepemerintahanya terjadi peningkatan beberapa hal diantaranya :

  1. Pembangunan bak air bersih di Dusun Sirongge dan dusun Jaha.
  2. Pengadaan tanah pustu dan pembangunanya.
  3. Pengaspalan jalan dari lima kadus sampai perbatasan pemukiman.
  4. Pembangunan jalan lurung tiap Dusun.
  5. Pengadaan pembangkit listrik Negara ( PLN ) 5 kadus.
  6. Pengadaan tanah balai desa dan lapangan desa di Dusun Sirongge.
  7. Pembuatan Jembatan sungai Polaga secara gotong royong.
  8. Pemindahan pusat pemerintahan desa dari Dusun Tundagan ke Dusun Sirongge.

Selain terjadi peningkatan pembangunan. Pada masa kepemimpinanya pernah terjadi bencana alam tanah longsor dan banjir bandang di Dusun pedagung,sehingga merugikan kurang Lebihnya 40 KK,sehingga di pindahkan ke lokasi lain,dan terjadi di dusun Jaha 59 KK.

    Pada tahun 2006 – 2009 Desa Tundagan di pimpin oleh kepala Desa yang bernama Imam Mahdi.pada masa itu masa kerjanya belum usai, sehingga di gantikan PJS yang bernama Hadi Safa’at.karena ia terangkat menjadi PNS.pada periode ini,telah membuat kegiatan pembangunan.antara lain:

  1. Bak air bersih di dusun rejomulyo.
  2. Pembangunan PAMSIMAS di Dusun Tundagan.
  3. Penyempurnaan balai desa
  4. Pembangunan PNPM mandiri di Dusun Tundagan.

Dan dari tahun 2009 – 2010 desa tundagan di bawah kepemimpinan Hada safa’at selaku PJS Desa Tundagan.di lakukan kegiatan pembangunan drainase di depan Balai Desa Tundagan.

Dari tahun 2010 sampai sekarang di bawah kepemimpinan kepala Desa Nurul Humam,A.Ma. beliau memanajemen administrasi Desa. Dan melanjutkan program program pembangunan yang sesuai dengan RPJM DES, sehingga dapat terealisasi pembangunan infra struktur.yaitu:

  1. PNPM MD/intergrasi.

-Pengaspalan Dusun Tundagan

-Pengaspalan Rejamulya Sirongge

-Pengaspalan dan Talud Dusun Tundagan

-Rabat Beton Dusun Jaha

-Pembangunan Bendung dan Saluran Irigasi Dusun Jaha

-Rabat Beton Dusun Pedagung

-Talud Igir Jembrang

  1. Pembangunan Rabat beton Sungai sutajiwa-Sirongge.
  2. Rabat Beton Dusun Jaha Program PPIP
  3. Pengerasan jalan dilanjukan pengaspalan di dukuh Tembesi
  4. Rehab/Penambahan Ruangan Balai Desa.
  5. Irigasi di Dukuh sirongge.
  6. Pengadaan bibit ikan dan ternak serta Pembangunan Embung
  7. Pengadaan PLTS dan Jaringan PLN di Dukuh Tembesi
  8. Pengadaan menara telekomunikasi/ tower.
  9. Bak air bersih di dusun rejasari,Sirongge,Tundagan dan Dusun Jaha
  10. Pengadaan bibit penghijauan dan peternakan
  11. Pembangunan drainase di dukuh Tundagan

Begitulah ringkasan sejarah singkat Desa Tundagan dari tahun 1920 sampai sekarang.